Gerakan Sekolah Menyenangkan

GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN

Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang mempunyai peran penting dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.  Sekolah diharapkan tidak hanya mampu meningkatkan aspek intelektual semata bagi peserta didik. Namun aspek emosional dan spiritual juga menjadi kunci kesuksesan dalam pendidikan karakter. Hal ini berkaitan dengan aspek perilaku, sikap, cara, dan kualitas yang membedakan antar individu satu dengan lainnya. Sekolah yang merupakan tempat atau sarana dalam upaya mencapai tujuan Pendidikan, haruslah mengedepankan kenyamanan, kesenangan dan kegembiraan.
Berkenaan dengan hal tersebut SMK Muhammadiyah 2 Metro berupaya dalam pembelajaran dapat melibatkan semua aspek intelektual, emosional dan spiritual. Upaya yang dilakukan adalah salah satunya dengan melibatkan seluruh lingkungan sekolah untuk mewujudkannya, SMK Muhammadiayah 2 metro dapat mewujudkan sebuah bentuk upaya Gerakan Sekolah Menyenangkan. Gerakan Sekolah Menyenagkan merupakan gerakan akar rumput yang mempromosikan dan membangun kesadaran guru, kepala sekolah, orang tua dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun ekosistem sekolah sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup agar anak –anak menjadi pembelajar yang adiptif, mandiri, tangkas , dan cepat menghadapi perubahan dunia yang sangat cepat dan tak menentu.
Pada tanggal 22 Oktober 2021 SMK Muhammadiyah 2 Metro melaksanakan Workshop Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam kegiatan tersebut yang mana melibatkan seluruh dewan guru SMK Muhammadiyah 2 Metro dengan pemateri yang disampaikan oleh bapak Ibnu Sastrya,S.Psi sebagai Psikolog dari Provinsi Lampung. Beliau memberikan materi memberikan materi tentang apa saja yang ada dalam perkembangan dimasa anak sekolah dan apa saja yang mempengaruhi perkembangannya. Dengan kegiatan Workshop Gerakan Sekolah Menyenangkan tersebut menjelaskan manfaatnya gerakan sekolah menyenangkan ini dapat merubah pola fikir warga sekolah, memberikan perubahan pada lingkungan sekolah, pembelajran berpusat pada siswa,terjalinnya hubungan kerjasama, dan meningkatkan karakter siswa.

Comments are closed.