Stop Bullying,Ayo Berkawan Mari Bersahabat “Roots Day”

Roots Day

Roots Day

Tahun 2021, dari 13.000 SMK yang mendaftar menjadi SMK PK (Pusat Keunggulan), yang lolos seleksi menjadi SMK PK (Pusat Keunggulan) hanya 900 SMK. SMK Muhammadiyah 2 Metro yang lolos seleksi menjadi salah satu SMK PK (Pusat keunggulan). Program keahlian yang lolos menjadi SMK PK (Pusat Keunggulan) adalah Teknik Pemesinan.

SMK Muhammadiyah 2 Metro memiliki Visi “Solusi Cepat Menuju BMW (Bekerja,Melanjutkan,Wirausaha)” dengan 6 Program Keahlian Teknik Mesin,Teknik Otomotif,Teknik Listrik,Teknik Las dan Fabrikasi Logam,Akuntansi dan Keuangan Lembaga dan Teknik Jaringan Komputer Telekomunikasi. Sekolah Pusat Keunggulan memiliki beberapa kegiatan rangkaian salah satu nya Program Roots Indonesia yaitu salah satu program yang  mengacu pada upaya meniadakan kekerasan dan perundungan di area sekolah

Langkah Pertama dalam Program Roots Indonesia yaitu sekolah mendaftarkan 2 guru sebagai Fasilitator yaitu Neti Dewantari,S.Pd dan Siti Aminah,S.E,Sy. Kemudian selanjutnya pihak sekolah mendapatkan pesan U-report dari PUSPEKA (Pusat Penguatan Karakter)  yang kemudian pesan tersebut di teruskan ke seluruh siswa yang hasilnya akan digunakan untuk mencari Agen Perubahan.

Pada Tanggal 2-4 September 2021,fasilitator SMK Muhammadiyah 2 Metro yaitu Neti Dewantari,S.Pd dan Siti Aminah,S.E,Sy mengikuti kegiatan zoom untuk mendapatkan arahan dan materi dalam Program Root Indonesia,dalam agenda zoom tersebut fasilitator mendapatkan materi yang sangat bermanfaat dalam kegiatan pencegahan anti perundungan dilingkungan sekolah,antara lain jenis-jenis perundungan,bentuk-bentuk kekerasan,sikap kepemimpinan dan contoh kegiatan yang memicu perilaku perubahan positif dilingkungan sekolah.

Pada 14 September 2021 Fasilitator guru mengumpulkan 30 siswa yang terpilih dari pengisian U-Report,kemudian memberikan pengarahan kepada siswa tersebut agenda selanjutnya mengenai Program Roots Indonesia,kegiatan ini berlangsung selama 10-15 pertemuan dimana dalam kegiatan tersebut siswa diberikan materi tentang pencegahan perundungan dan tindak kekerasan disekolah,kemudian membuat tagar yang akan dishare kemedia social,membuat kotak perubahan,membuat poster anti bullying dan memperagakan rolle play perundungan,di akhir pertemuan akan ada kegiatan Roots Day,kegiatan ini berisi kampanye siswa ke seluruh penjuru sekolah SMK Muhammadiyah 2 Metro mengusung tema “Stop bullying,Ayo Berkawan,Mari Bersahabat” Para agen perubahan menunjukan semua karya yang telah mereka buat pada selama 10 kali pertemuan  sebagai wujud keseriusnya menolak segala bentuk kekerasan dan perundungan dilingkungan sekolah,dalam kegiatan Roots Day yang berlangsung pada 29 Oktober 2021 para agen perubahan mengundang seluruh siswa dan guru  agar seluruh warga sekolah mengetahui program Anti Pencegahan dan tindak Kekerasan disekolah.

Link Youtube Kegiatan Roots Day SMK Muhammadiyah 2 Metro https://youtu.be/C8lsnkb53SI

 

Tags: No tags

Comments are closed.