SMK PUSAT KEUNGGULAN PAPARKAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM PARADIGMA BARU

Kurikulum Paradikma Baru

Hadi Novian Salis, S.Pd.

Selasa, 02 November 2021

 


Kurikulum
merupakan komponen penting dalam proses pendidikan dalam satuan pendidikan.  Kurikulum Paradigma Baru merupakan kurikulum yang menerapkan pendekatan projek dalam pembelajaran untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila. Mulai tahun ajaran 2021, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi akan menerapkan Kurikulum Paradigma Baru sebagai penyempurnaan dari K-13. Implementasi Kurikulum Paradigma Baru ini masih diberlakukan di beberapa sekolah yang menjadi pilot project saja pada sekolah-sekolah penggerak yang ada di Indonesia. Dilangsir dari LPMP Bengkulu (5/8/21) bahwa ada beberapa perubahan terdapat pada Kurikulum Paradigma Baru dibandingkan dengan K-13. Berdasarkan tujuan pendidikan nasional dirumuskan Profil Pelajar Pancasila (PPP) yang akan menjadi dasar pada Standar Isi Pendidikan, Standar Proses Pendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan. Mengacu pada beberapa hal tersebut, pemerintah menetapkan Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran (CP), Prinsip Pembelajaran, dan Assesmen. Sekolah kemudian menetapkan Kurikulum Operasional Satuan (KOS) Pendidikan yang dikembangkan sendiri secara mandiri. Satuan pendidikan dapat mengembangkan konsentrasi keahlian pada struktur kurikulum sesuai dengan visi misi dan sumber daya yang tersedia. Pada kurikulum paradigm baru, guru diberi kebebasan untuk mengembangkan proses pembelajaran tanpa harus dibebani dengan tugas-tugas penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Guru dituntut harus fokus pada proses pembelajaran dan pelaksanaan asesmen. Guru juga dituntut dalam penguasaan metode, media serta pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan muatan kurikulum paradigm baru. Sehingga dalam penerapan kurikulum paradigm baru, guru hendaknya harus proaktif, inovatif serta interaktif dalam mencari dan mengembangkan metode, media serta pendekatan yang digunakan secara tepat, karena keberhasilan pemberlakuan kurikulum paradigma akan sangat bergantung pada kesiapan guru di depan kelas dalam rangka menjamin kurikulum benar-benar diimplementasikan dengan baik.

 

 

SMK Pusat Keunggulan

 

SMK PK merupakan salah satu program dari Ditjen Vokasi yang di peruntukkan bagi SMK yang memiliki kompetensi yang unggul dibidangnya, tentu saja penetapan SMK PK ini memiliki kriteria tertentu. Alhamdulillah SMK Muhammadiyah 2 Metro (Kampus Biru) menjadi salah satu SMK yang terpilih di kota Metro provinsi Lampung dalam Program SMK PK yang berjumlah 900 SMK se-Indonesia dengan harapan Kampus Biru dapat mengimbaskan ke SMK-SMK lain di sekitar kota Metro. Sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan, SMK Muhammadiyah 2 Metro merupakan salah satu sekolah yang wajib menerapkan Kurikulum Paradigma Baru dalam kegiatan pembelajaran.

 

 

Pendampingan Implementasi Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru (SMK Muhammadiyah 2 Metro) oleh BBPPMPV BMTI Cimahi

Implementasi Kurikulum Paradigma Baru di SMK Muhammadiyah 2 Metro berdasarkan SK Badan Penelitian Pengembangan dan Perbukukuan Nomor 028/H/KU/2021 dan 029/H/KU/2021 tentang penerapan Capaian Pembelajaran pada Sekolah Penggerak SD, SMP, SMA, dan SMK. Pada akhirnya nanti akan diterapkan pada seluruh satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Pada tanggal 1 s.d. 2  November 2021 telah dilaksanakan Pendampingan Implementasi Pembelajaran Kurikulum Paradigma baru pada SMK PK oleh BBPMPV BMTI Cimahi. Kegiatan ini didampingi oleh Bapak Coach Tatang Rahmat, M.Pd. dan
Suwito, A.Md. selama 2 hari di SMK Muhammadiyah 2 Metro.

 

Pendampingan ini dilakukan untuk melihat keberhasilan penerapan pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru pada SMK Muhammadiyah 2 Metro. Rangkaian kegitan dimulai dari pengecekan kelengkapan berkas pembelajaran, dokumen kurikulum, serta pemaparan video pembelajaran yang disampaikan oleh guru mata pelajaran Produktif, Normatif, dan P5BK. Terdapat beberapa temuan dalam pendampingan ini untuk koreksi dan memajukan SMK Muhammadiyah 2 Metro selaku Sekolah Penggerak oleh Coah Tatang dan Suwito. Hasil yang memuaskan diungkapkan oleh kedua Coach untuk Kampus Biru. Pembelajaran yang dilaksanakan di KAMPUS BIRU sangat diapresiasi baik oleh Coah Tatang dan Suwito. Semoga hasil dari kegiatan ini dapat menyokong dan terus memajukan SMK Muhammadiyah 2 Metro sebagai salah satu Sekolah Penggerak di Indonesia khususnya di Kota Metro – Provinsi Lampung.

 

Pengen tau berita ter-update dan edukasi kekinian. Subscribe, Follow, Like, and Share akun-akun official KAMPUS BIRU yaa 🙂

 

Instagram   : https://instagram.com/smkmuhammadiyah2metro?utm_medium=copy_link

Facebook   : https://www.facebook.com/SMK-Muhammadiyah-2-Metro-106793858475014/

Youtube      : https://youtube.com/channel/UCNlAeXrg6rSIg07HcQLtZDA

Tweeter      : @smkm2metro (https://twitter.com/smkm2metro)

TikTok         : @smkm2metro (https://www.tiktok.com/@smkm2metro)

 

 

#BelajarMenyenangkan

#SolusiCepatMenujuBMW_BekerjaMelanjutkanWirausaha

#SMKMuhammadiyah2Metro

#SMK_Bisa_Hebat

#Vokasi_Menguatkan_Indonesia

#SMKCakapDigital

 

 

Sumber:

  • Jurnalistik Kampus Biru
  • SMKMuhammadiyah2Metro
  • LPMP Bengkulu Kemendikbud
  • Balitbangbuk Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia

Comments are closed.