Category: Baca Artikel

APA ITU SOFT SKILLS?

Sejak lahir, setiap orang sudah memiliki bakatnya masing-masing dan bakat itu sendiri bisa dikategori seperti hobby yang mengantar bakatnya menjadi suatu hal yang luar biasa, seperti bakat bermain gitar, sepak bola dan lain sebagainya. Soft skill itu mirip sekali dengan bakat, hanya saja dalam bentuk yang berbeda. Soft skill, seperti layakya bakat, akan menunjukkan keterampilan yang dimiliki setiap orang dan harus dikembangkan untuk menemukan jati diri mereka. Soft skill itu sendiri harus dikembangkan, namun soft skill juga tidak akan berjalan sempurna apabila tidak di iringi dengan Hard Skill, begitu pun sebaliknya. Namun ada juga yang tidak akan mendapatkan soft skill dari dirinya sendiri apa bila dia tidak ada keinginan untuk berubah yang besar dalam hidupnya dari pola hidup yang buruk ke pola hidup yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi, Soft skill itu apa sih?

Read More

Categories: Baca Artikel

Penggunaan Custom Chain pada Firewall MikroTik

Pada RouterOS MikroTik terdapat sebuah fitur yang disebut dengan ‘Firewall‘. Fitur ini biasanya banyak digunakan untuk melakukan filtering akses (Filter Rule), Forwarding (NAT), dan juga untuk menandai koneksi maupun paket dari trafik data yang melewati router (Mangle). Supaya fungsi dari fitur firewall ini dapat berjalan dengan baik, kita harus menambahkan rule-rule yang sesuai. Terdapat sebuah parameter utama pada rule di fitur firewall ini yaitu ‘Chain‘. Parameter ini memiliki kegunaan untuk menetukan jenis trafik yang akan di-manage pada fitur firewall dan setiap fungsi pada firewall seperti Filter RuleNATMangle memiliki opsi chain yang berbeda.

Read More

Categories: Baca Artikel

Wildcard masks

Wildcard masks are used to specify a range of network addresses. They are commonly used with routing protocols (like OSPF) and access lists.
Like a subnet mask, a wildcard mask is 32 bits long. It acts as an inverted subnet masks, but with wildcard mask, the zero bits indicate that the corresponding bit position must match the same bit position in the IP address. The one bits indicate that the corresponding bit position doesn’t have to match the bit position in the IP address.

Read More

Categories: Baca Artikel