Category: Jurnal Materi Belajar Produktif TKJ

Sistem Operasi Jaringan [Keamanan Sistem Operasi Jaringan]

Definisi Keamanan Sistem Operasi Jaringan [sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Keamanan_komputer]

Keamanan komputer(Computer Security) merupakan suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Pengertian tentang keamanan komputer ini beragam-ragam, sebagai contoh dapat kita lihat beberapa defenisi keamanan komputer menurut para ahlinya, antara lain :

Read More

Jaringan Nirkabel [Karakteristik Perangkat Jaringan Nirkabel]

Karakteristik perangkat jaringan nirkabel adalah mengenali karakter yang ada pada perangkat jaringan nirkabel.

Nirkabel Router

Wireless router adalah perangkat router yang berfungsi meneruskan paket data dari satu network ke network lainnya (dari LAN Ke WLAN). Wireless router juga dapat difungsikan sebagai access point dengan cara menonaktifkan fungsi routernya dan diaktifkan fungsi access pointnya.

Read More

Jaringan Nirkabel [Jenis Teknologi Jaringan Nirkabel]

Definisi

Wireless atau wireless network merupakan sekumpulan perangkat elektronik  yang saling terhubung antara satu dengan lainnya sehingga terbentuk sebuah jaringan komunikasi data dengan menggunakan media udara/gelombang sebagai jalur lintas datanya. Jika LAN masih menggunakan kabel sebagai media lintas data, sedangkan wireless menggunakan media gelombang radio/udara. Penerapan dari aplikasi wireless network ini antara lain adalah jaringan nirkabel diperusahaan, atau mobile communication seperti handphone, dan HT.

Read More

Administrasi Server 3 [VPN SERVER]

Pengertian (Virtual Private Network) VPN
VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman. Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.
VPN beroperasi pada topologi yang berbeda dan lebih rumit dari jaringan point to point. Fungsi VPN adalah memberikan koneksi yang sangat aman antara jarngan prbadi yang terhubung melalui nternet. HAl ini memungkinkan remote komputer bertindak seolah-olah berada di jaringan LAN.

Read More