SMK MUHAMMADIYAH 2 METRO, MENGIKUTI TRAINING PT. KTB JAKARTA

SMK MUHAMMADIYAH 2 METRO, MENGIKUTI TRAINING PT. KTB JAKARTA

Kampus Biru –Sebanyak 90 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Metro mengikuti training program “FUSO Belajar dan Menginspirasi” sebagai dukungan  Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Kegiatan dibuka langsung Kepala Departemen PR dan CSR PT. KTB Dony Hermawan, di gedung sekolah setempat, Jumat (9/11/2018).

Presiden Director KTB, Atsushi Kurita  diwakili Kepala Departemen PR dan CSR PT. KTB Dony Hermawan mengatakan bahwa program ini bertujuan meningkatkan wawasan  serta pemahaman kepada  siswa mengenai dunia kerja,  melalui berbagai pengalaman dan pengetahuan sehingga mampu memberikan inspirasi kepada siswa SMK.

“Jadi kegiatan ini melibatkan karyawan KTB sebagai sukarelawan untuk memberikan soft skill dan gambaran mengenai dunia kerja kepada siswa, agar mereka siap saat memasuki dunia kerja,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Dony PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan niaga Mutsubisi Fuso di Indonesia, untuk pertama kalinya melaksanakan program Fuso Belajar dan Menginspirasi sebagai salah satu kegiatan CSR yang fokus di bidang pendidikan, khususnya untuk SMK.

“Program fuso mengajar dan menginspirasi bentuk dukungan kemajuan pendidikan SMK di Indonesia. Pelaksanaan program di SMK Muhammadiyah 2 Metro Lampung menjadi gelaran penutup dari rangkaian tahap I di empat Kota besar yakni Medan, Palembang, Banjarbaru, dan Makasar selama Oktober-November 2018,”imbuhnya.

Fuso belajar dan menginsiparsi merupakan lanjutan dari Fuso Vocational Education Program (FUSO VEP). Dimana KTB memberikan unit Colt Diesel sebagai materi praktik yang menjadi kurikulum sekolah. Kemudian secara berkala KTB memberikan pelatihan dasar otomotif (basic automobile) kepada guru dan siswa SMK, serta pelatihan kompetensi keahlian siswa.

“Program CSR ini merupakan kontribusi KTB yang bertujuan untuk memajukan industri otomotif Indonesia melalui sektor pendidikan. KTB menilai kemajuan dapat didorong melalui peningkatan mutu pendidikan, dengan begitu diharapkan terlahir siswa unggul berprestasi yang dapat diserap oleh para pelaku industri,” harapnya.

Sementara itu, mewakili kepala sekolah Ketua Program Keahlian Otomotif SMK Muhammadiyah 2 Metro, Ali Rosad memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada pihak KTB dengan adanya training.

Peserta sebanyak 90 siswa, terdiri dari 30 siswa kelas XI Otomotif dari tanggal 5-8 November 2018. Dan 60 siswa  kelas XII Otomotif  mulai tanggal 9 November sampai selesai.

“Kami berharap program ini menjadi agenda tahunan, sehingga SMK Muhammadiyah 2 Metro sebagai sekolah binaan PT. KTB bisa menjadi rujukan SMK di provinsi Lampung,” pungkasnya. (Ali Rosad)